Profil Chrisna Damayanto

Keluarga besar Teknik Kimia Unsri patut berbangga. Salah seorang alumnusnya, Chrisna Damayanto, menjadi petinggi di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar di Indonesia.

Alumnus Teknik Kimia Unsri angkatan 1974 itu pernah menjabat Direktur Pengolahan PT Pertamina (persero), mulai 18 April 2012 hingga akhir 2014.

CHRISNA punya kesan mendalam saat terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni Teknik Kimia (Iatek) Unsri pada tahun 2012-2015.

“Saya terpilih  menjadi ketua Iatek saat masih menjabat sebagai Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), Saat itu IATEK UNSRI tidak ada apa-apa. Namun setelah ada kegiatan halal bi halal baru dibentuk kepengurusan dan menyusun program kerja,” kenangnya.

Acara Halal bi Halal inilah sangat membantu menjaga komunikasi dengan para alumni Teknik Kimia Unsri dari berbagai angkatan. “Dari forum inilah kami bisa menyumbangkan gedung perkuliahan di jurusan Teknik Kimia Unsri. Selain itu juga secara berkala memberikan kuliah umum kepada mahasiswa sebagai motivasi,” lanjutnya.

Menjelang akhir kepengurusan kedua periode 2015-2018, Chrisna bersama pengurus IATEK UNSRI  lainnya sering mengadakan training-training kepada alumni muda Iatek. “Inilah sumbangsih kami kepada Iatek untuk maju bersama dan saling menjaga silahturahim,” harapnya.

Chrisna lahir di Pendopo, Muara Enim pada Tahun 1955. Dirinya menempuh kuliah di Teknik Kimia Unsri sejak 1974 hingga 1981. Selulusnya dari kampus, Kak Chrisna - panggilan akrabnya, sempat bekerja di PT Asuransi Jiwasraya.

Kemudian Kak Chrisna melanjutkan karir di PT Pertamina. Mengawali karirnya di Pertamina Sungai Gerong selama dua tahun, 1981-1983. Setelah itu, di Pertamina Plaju sejak 1983-1999 dengan berbagai jabatan. Pada 1999- 2003, dirinya dipercaya menjabat manajer kilang.

Karirnya terus menanjak. Menjabat manajer perencanaan BBM (2003- 2006), manajer perencanaan operasi pengolahan (2006), kepala divisi  perencanaan  dan pengadaan (2007-2008) dan GM UP IV Cilacap periode 2008-2009, GM RU IV Cilacap (2009) dan Senior Vice President Refinering Operation (2009-2010).

Sejak April 2012, Kak Chrisna menempati posisi sebagai Direktur Pengolahan.

Ia pun menyampaikan beberapa pesan kepada mahasiswa dan alumni Teknik Kimia Unsri. “Budaya yang tua menganyomi adik-adik perlu dan tetap dijaga serta dikembangkan. Yang muda menghormati dan menjaga semangat kekeluargaan serta cinta almamater,” ujarnya.

Untuk alumni Teknik Kimia Unsri dan adik-adik yang masih kuliah, Chrisna memotivasi agar terus belajar, tidak hanya di bangku kuliah saja tapi juga belajar mengatasi masalah.

Jangan minder, sebagai alumni Unsri kita tunjukkan kita bisa dan bersaing dengan alumni perguruan tinggi negeri lainnya,” tukasnya.

 

 

 APA KATA MEREKA MENGENAI SOSOK KAK CHRISNA ? 

 

Dr Ir Hj Susila Arita R DEA (Anggota Dewan Pakar IATEK 2015-2018/ / TK ‘78)

Susila Arita“Sosok kak Chrisna yang saya kenal adalah orangnya shaleh, baik serius dan fokus pada setiap kegiatan yang beliau lakukan. Jiwa penolong, berani berkorban untuk kepentingan orang banyak menjadi pakaian hati beliau.

Kala itu saya sebagai Ketua Jurusan Tekim Unsri 2013-2017, merasakan bahwasannya Jurusan Teknik Kimia sangat terbantu dengan bantuan kak Chrisna bersama alumni-alumni lainnya dalam mewujudkan ruang dosen sebagai syarat lembaga pendidikan menurut akreditasi BAN-PT. Alhamdulillah dalam waktu 5 bulan Gedung berlantai 2 Graha Patra Kemika telah berdiri dengan megahnya. Alhamdulillah akreditasi Jurusan Teknik  Kimia Unsri mendapatkan grade A sehingga kiprah alumni dalam mencari pekerjaan lebih luas dan tidak terhalang lagi oleh nilai akre- ditasi yang rendah.

Untuk itu kami yang mengabdi di jurusan mengucapkan terima kasih tak terhingga atas semua bantuan alumni baik bantuan gedung maupun bantuan lainya seperti narasumber kuliah umum atau pelatihan-pelatihan lainnya yang telah di prakarsai oleh IATEK Semoga Allah SWT membalasnya sebagai amal jariah yang tak putus- putusnya, Aamiin YRA. Kita do’akan kak Chrisna selalu sehat dan terus memberikan yang terbaik bagi jurusan dan alumni, Aamiin.”

 

 

Ir. Hasanal Kemal (Ketua IATEK UNSRI Cabang Palembang 2015-2018 /Tk ‘86)

hasanal kemal 1“Kak Chrisna sosok seorang pemimpin yang mengayomi, didepan beliau memimpin dan memberi contoh. Ditengah beliau merangkul, dibelakang beliau mendorong dan menyemangati. Figur seorang pemimpin yang ideal bagi kami.

Terima kasih kak Chrisna atas segalanya.”

 

 

 

Ir. Kemas Muhammad Saleh (Wakil Sekjen IATEK UNSRI 2018-2021 / TK ’91)

Kms M Saleh“Kak Chrisna adalah figur yang tepat pada 10 tahun terakhir ini di almamater Teknik Kimia UNSRI. Tepat bukan karena jabatan, tetapi perhatian dan partisipasi/kontribusinya, khususnya di Ikatan Alumni Teknik Kimia (IATEK) UNSRI. Figur yang pintar, bijak dan bisa diterima semua pihak. Terima kasih Kak Chrisna yang tepat membawa IATEK menjadi seperti saat ini, menjadi lebih organisasi yang aktif dan disegani,

 

 

 

Amrullah Rangkuti, ST (Ketua Sub Bidang Pengembangan Organisasi Cabang IATEK UNSRI 2018-2021/ TK’2004)

Amrullah RangkutiBeliau  banyak berbagi pengalaman menjadi pegawai di BUMN minyak dan gas serta menginginkan alumni Teknik Kimia Unsri selalu kompak dan saling mendukung agar bisa melakukan proses regenerasi di setiap perusahaan tempat kita bekerja.

Saat mendapat amanah sebagai Ketua Umum IATEK UNSRI pada Munas di Hotel Mercure Ancol (Juli 2012), beliau juga menjabat Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero). Sangat terlihat kesantunannya kepada para dosen senior dan kemam- puannya merangkul semua angkatan senior maupun junior. Beliau sosok yg rendah hati dan ramah. ‘‘Sosok alumni inspiratif bagi kami semua.”

 

Sumber : Majalah Kemika Sriwijaya Edisi Pertama, Juli 2018

Note : Sebelumnya pada Tahun 2012, Website IATEK UNSRI juga pernah memuat Profil Kak Chrisna Damayanto, lebih lengkap dapat dibaca disini

 

 

Profil Penulis
Admin
Author: AdminWebsite: https://www.iatekunsri.com
Mengenai Penulis
Team yang mengelola dan mengotak atik web ini, untuk terus melayani kebutuhan informasi segenap komponen almamater Teknik Kimia UNSRI tercinta..