Minyak pelumas adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 105 – 135 .Minyak pelumas sehari-hari digunakan sebagai minimalisator gesekan antar 2 benda bergerak pada mesin.Pada mesin minyak pelumas dibagi menjadi tiga jenis yaitu pelumas cair (Lubricantion oil),Gemuk/grease,pelumas padat (solid film lubricant). Ada tiga model pelumasan yaitu hydrodinamic yang memungkinkan pemisahan penuh antara bagian bergerak dan bagian yang diam.Kedua yaitu Boundary, antara bagian yang bergerak dan yang diam hanya ada lapisan tipis pelumas sebagai hubungan adesi saja.Dan yang terakhir yaitu campuran antara hydrodinamik dan boundary, hampir seperti boundary, namun kecepatan putaran terbatas.Kegunaan dari pelumasan itu sendiri adalah memperkecil gesekan,mencegah keausan,mencegah kelengketan (adhesi) logam dengan logam,mencegah korosi,membuang panas yang timbul akibat gesekan,dan membantu mendistribusikan beban poros pada bantalan.

Bahan-bahan pelumas yang berasal dari hewan yang sebagai contohnya adalah minyak atau lemak ikan, lemak sapi, lemak kambing, dan lain sebagainya. Bahan pelumas dari hewan ini diperkirakan merupakan pelumas yang paling tua umurnya.Bahan dari tumbuh-tumbuhan yang contohnya antara lain adalah minyak jarak, minyak kelapa dan minyak biji kapas.Bahan yang berasal dari tambang. Bahan hasil tambang atau bahan mineral yang dapat menghasilkan minyak pelumas terdiri dari banyak macamnya antara lain adalah minyak bumi dan batubara. Sebagi minyak moderen pelumas saat ini banyak digunakan minyak yang berasal dari pengolahan minyak bumi. Minyak yang berasal dari minyak bumi ini dikenal dengan nama minyak mineral.

Kita tau bahwa salah satu fungsi dari  minyak pelumas itu sendiri dapat mencegah korosi.Dalam kehidupan sehari-hari kita memanfaatkan gas LPG untuk memasak. Disini kita akan membahas tentang tabung gas LPG. Deep Drawing atau biasa disebut drawing adalah salah satu jenis proses pembentukan logam, dimana bentuk pada umumnya berupa silinder dan selalu mempunyai kedalaman tertentu,proses tersebut merupakan salah satu proses pembuatan tabung gas LPG.Tabung Gas LPG terbuat dari logam,yang dimana tabung tersebut mudah terkena korosi atau tabung berkarat.Peran minyak pelumas untuk tabung gas LPG itu sangat penting,karena tabung tersebut mudah terkorosi membuat tabung tidak sebaik saat pemakaian pertama diproduksi.Semakin banyak masyarakat yang menggunakan tabung gas LPG maka semakin banyak sekali jenis gas LPG yang beredar dalam masyarakat.Tetapi tabung gas LPG yang beredar didalam masyarakat tidak semuanya tabung yang baru diproduksi,melainkan banyak sekali tabung yang sudah mulai terkorosi.Dalam perusahaan,produksi tabung-tabung gas LPG tersebut sudah sesuai dengan syarat ketentuan K3L yang berlaku,tetapi alangkah baiknya tabung yang diedarkan dimasyarakat  dalam kondisi yang tidak terkorosi.

Minyak pelumas akan digunakan pada tabung gas LPG untuk mencegah korosi yang akan terjadi.Dimana minyak pelumas itu sendiri dapat mencegah korosi yang dapat membantu mencegah kerusakan pada tabung gas LPG.Karena logam yang digunakan pada pembuatan tabung gas LPG termasuk logam yang mudah terkena korosi.Oleh karena itu,cara yang dibuat ini sangatlah mudah dilakukan.Dengan demikian tabung gas LPG lebih aman dan tidak membahayakan masyarakat.Karena kita tau bahwa tabung gas LPG yang tidak terkena korosi lebih baik digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.Dan cara ini juga sangat mudah dilakukan dirumah oleh masyarakat.

 

Gambar Tabung Gas LPG diatas sudah terkena korosi.

Profil Penulis
MUTIA HERLISA
Author: MUTIA HERLISA
Mengenai Penulis