Seiring berjalan nya waktu,penggunaan dan kebutuhan manusia terhadap bahan bakar fosil semakin meningkat,yang menjadi penyebab utamanya karena semakin banyak kegiatan-kegiatan yang mengandalkan kemampuan mesin dalam perkerjaan sehari-hari.Dimana pada dasarnya mesin-mesin tersebut membutuhkan bahan bakar untuk bekerja,salah satu bahan bakar yang paling lazim digunakan adalah bahan bakar fosil.Oleh karena itu diperlukan suatu bahan bakar alternatif yang dapat menggantikan peran bahan bakar fosil sebagai solusi untuk mengatasi langkanya bahan bakar dan juga untuk mencegah punahnya bahan bakar fosil.

Salah satu bahan bakar alternatif yang populer adalah biomassa.Energi biomassa merupakan jenis bahan bakar yang dibuat dengan mengkonversi bahan biologis seperti halnya tanaman.Bahan yang dimaksud tersebut juga dapat diperoleh dari hewan dan mikroorganisme,atau dalam kata lain energi biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang bisa kita peroleh dari materi alami.Selain penjelasan tentang energi biomassa,contoh sumber energi biomassa itu sendiri meliputi antara lain limbah pertanian,biogas,tanaman energi dan kayu.

Sebelum mengenal bahan bakar fossil, manusia sudah menggunakan biomassa sebagai sumber energi. Misalnya dengan memakai kayu atau kotoran hewan untuk menyalakan api unggun. Sejak manusia beralih pada minyak, gas bumi atau batu bara untuk menghasilkan tenaga, penggunaan biomassa tergeser dari kehidupan manusia. Namun, persediaan bahan bakar fossil sangat terbatas. Para ilmuwan memperkirakan dalam hitungan tahun persediaan minyak dunia akan terkuras habis. Karena itu penggunaan sumber energi alternatif kini digiatkan, termasuk di antaranya penggunaan biomassa.

Seiring berjalannya waktu dan pengetahuan manusia yang terus berkembang,telah ditemukan berbagai inovasi-inovasi  energi alternatif yang memilki manfaat yang cukup besar untuk keperluan dalam kehidupan kita.Salah satu sumber energi alternatif yang saya maksud dalam artikel ini adalah Energi Biomassa yang merupakan salah satu sumber energi terbarukan.Dalam artikel ini saya akan mengajak sahabat-sahabat pembaca mengetahui sedikit tentang  energi biomassa sebagai energi terbarukan.Berikut beberapa info tentang energi biomassa dari beberapa sumber informasi yang saya  baca.

Sejumlah pakar berpendapat, penggunaan biomassa sebagai sumber energi terbarukan merupakan jalan keluar dari ketergantungan manusia pada bahan bakar fossilJagung sebagai bahan dasar ethanol, contoh penggunaan biomassa sebagai sumber energi

Biomassa dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung. Dalam penggunaan tidak langsung, biomassa diolah menjadi bahan bakar. Contohnya, kelapa sawit yang diolah terlebih dahulu menjadi biodiesel untuk kemudian digunakan sebagai bahan bakar.

Keuntungan yang dapat kita peroleh dalam penggunaan atau pemanfaatan energi biomassa dalam kehidupan kita selain sebagai energi terbarukan dan sebagai sumber energi,mempunyai keuntungan lainnya yakni digunakan sebagai bahan bakar nabati,penghasil devisa negara,meningkatkan kualitas air,meminimalisir limbah organik ,mengurangi polusi udara dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.Dari segi keuntungan pemanfaatan energi biomassa bisa disimpulkan resiko pencemaran lingkungan dapat diminimalisir oleh adanya energi biomassa.

Mungkin hampir setiap orang sudah mengetahui apa saja keuntungan memanfaatkan energi biomassa, salah satunya yaitu sebagai pengganti bahan bakar fosil untuk produksi energi. Hal ini dikarenakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Lantas apa saja manfaat energi biomassa dalam kehidupan sehari-hari?

Manfaat yang pertama adalah dapat mengurangi tingkat metana. Menggunakan energi biomassa sebagai energi alternatif tentunya dapat mengurangi tingkat metana yang ada di atmosfer. Seperti yang Anda ketahui semakin tingginya metana akan menyebabkan efek rumah kaca. Dengan menggunakan energi biomassa tentunya ini dapat menurunkan resiko efek rumah kaca.

Selain dapat mengurangi resiko efek rumah kaca, penggunaan energi biomassa juga dapat mengurangi resiko hujan asam. Dan tentunya hal ini dapat membuat kualitas air menjadi semakin baik karena  biomassa sangatlag ramah lingkungan dan bebas polusi.

Pemanenan pohon dari hutan juga dapat mencegah kebakaran sebagai hasil dari pertumbuhan padat. Tahukah Anda jika ada terlalu banyak pohon di hutan, ini juga memiliki resiko yang tinggi terhadap kebakaran hutan itu sendiri. Seperti yang Anda ketahui kayu yang masih baru merupakan salah satu bahan tanaman biomasa yang digunakan untuk menghasilkan energi biomassa.

 

Demikianlah sedikit informasi tentang energi alternatif biomassa,semoga bermanfaat bagi pembaca.

 

 

 

Profil Penulis
awis al qhani
Author: awis al qhani
Mengenai Penulis