PEMBUATAN KERTAS DARI LIMBAH KULIT KOPI

Oleh:Defri Hasock

Universitas Sriwijaya

      Indonesia salah satu negara produsen kopi terbesar didunia,kualitas kopi indonesia tidak kalah dengan kopi kopi dari negara lain.salah satu permasalahan penting dari produksi kopi adalah limbah kopi,terdapat dua jenis limbah kopi diantaranya limbah kering dan limbah cair. Dalam setiap ton buah kopi akan diperoleh 200 kg kulit kopi kering. Pada umumnya limbah kulit kopi ini kebanyakan digunakan sebagai pupuk kompos dan pakan ternak,sebenarnya limbah kulit kopi mengandung nutrisi dan senyawa yang berpotensi untuk digunakan sebagai bahan pembuatan produk bernilai tambah. Ternyata didalam limbah kulit kopi terkandung selulosa,hemiselulosa,dan lignin.senyawa-senyawa ini merupakan senyawa utama yang digunakan dalam pembuatan kertas. Penggunaan limbah kulit kopi sebagai bahan baku pembuatan kertas berdampak positif dalam mengatasi masalah limbah kulit kopi juga memberikan solusi dalam masalah ketergantungan pada pohon sebagai bahan baku utama pembuatan kertas,walaupun limbah kulit kopi tidak dapat menggantikan sepenuhnya peran dari pohon sebagai bahan baku utama setidaknya dapat mengurangi dan menghemat pengeluaran biaya bahan baku.

Kertas merupakan benda penting yang mendukung perkembangan teknologi saat ini,meskipun teknologi saat ini memiliki kecanggihan dalam pembuatan tulisan akan tetapi tak dapat dipungkiri bahwa peran kertas sebagai objek utama menulis tidak dapat digantikan.kertas digunakan dalam berbagai bidang profesi seperti bidang perkantoran,pendidikan,keilmuan,sekretariat dan bagian keuangan.

Meningkatnya kebutuhan dunia akan kertas membuat kita harus berfikir langkah yang harus diambil dalam mengatasi ketergantungan terhadap pohon sebagai bahan utama pembuatan kertas yang apabila digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan alam.

 

PEMBUATAN KERTAS DARI LIMBAH KULIT KOPI

                Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar didunia,pernyataan ini juga ditegaskan oleh presiden Indonesia ke-7 Joko Widodo di akun instagramnya pada tanggal 19 maret 2018,ia menuliskan “kita adalah salah satu negara produsen kopi terbesar didunia”.

                Masalah utama yang dialami oleh produsen kopi adlah masalah limbah kopi,dalam setiap ton buah kopi akan didapatkan 200 kg limbah kopi berupa kulit kopi kering,biasanya limbah kulit kopi ini digunakan sebagai pupuk kompos atau sebagai pakan ternak,padahal limbah kulit kopi ini dapat digunakan untuk mengasilkan produk yang memiliki nial jual seperti kertas.

                Kulit kopi ternyata mengandung senyawa-senyawa yang digunakan sebagai bahan baku kertas,diantarnya selulosa,hemiselulosa,dan lignin.Selulosa digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan kertas dimana selulosa berfungsi sebagai serat-serat penyusun kertas. Hemiselulosa berfungsi sebagai pengikat serat selulosa dalam pembuatan kertas. Lignin juga berfungsi untuk mengikat serat selulosa,tetapi keberadaan lignin dalam proses pembuatan kertas dapat membuat warna kertas menjadi kecoklatan,sehingga keberadaan lignin sedikit merugikan dalam proses pembuatan kertas kecuali dalam pembuatan kertas buram,karpet telur dan karton.

 

METODOLOGI PENELITIAN

Proses pembuatan kertas dari limbah kulit kopi terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

  • PULPING
  1. Tahap persiapan bahan baku
  2. Pemasakan (digesting)
  3. Penyucian dan penyaringan
  4. Pemutihan (bleaching)
  • PEMBUATAN KERTAS
  1. Pemurnian
  2. Pengeringan
  3. Sizing,colouring dan Pembentukan
  4. Pope Reel

 

PULPING

  1. Tahap persiapan
  • Tujuan dari proses ini adalah untuk menyiapkan bahan baku yang baik dan memenuhi kriteria yang diinginkan sebagai bahan untuk pemasakan di unit digester.
  1. Tahap pemasakan (digesting)
  • Pulping adalah proses memisahkan serat selulosa dari campuran lignin.
  • Proses pulp mekanik merupakan proses penghancuran kulit kopi menjadi lumpur didalam rotary grind mill stone dengan menambahkan air.
  • Proses pulp thermomekanik merupakan perbaikan dari proses mekanik dimana sebelum dilakukan penggilingan kulit kopi terlebih dahulu dimasak pada temperatur dan tekanan tinggi.
  • Proses pulp kimia merupakan proses penghilangan lignin sehingga serat serat kulit kopi mudah dihilangkan oleh larutan pemasak.
  1. Tahap pencucian dan penyaringan
  • Deknoting merupakan dimana sebagian besar pulp masih mengandung knot.
  • Screening terbagi atas tiga tahap,primary screening,secondary screening,tertiary screening.dimana primari screening sebagian besar shive adalah reject.agar tidak banyak fiber terbuang,maka reject dari primary screening disaring lagi pada tahap secondary screening.
  • Brown Stock Washing dimana pulp yang dihembus (blown) dari digester,masih bercampur dengan sebagian cariran pemasak yang mengandung sisa bahan kimia pemasak dan juga lignin yang terlarut dari kulit kopi.
  1. Tahap pemutihan (bleaching)

Tahap ini dilakukan umtuk mempuat produk berwarna putih.

  • Proses oksigen delignifikasi merupakan proses pre bleaching yang berguna untuk mengurangi kandungan lignin dari pulp coklat.proses oksigen delignifikasi berlangsung pada konsistensi menengah dengan temperatur dan tekanan tinggi.

 

PEMBUATAN KERTAS

  1. Tahap Pemurnian
  • Pada tahap ini pulp dilewatkan pada plat berputar pada alat pemurnian bentuk disk.
  • Pada proses mekanik ini terjadi penguraian serat pada dinding selnya,sehingga serat menjadi lebih lentur.
  • Tingkat pemurnian pada proses ini berbanding lurus dengan kualitas kertas yang dihasilkan.
  1. Tahap Pengeringan
  • Tahap pengurangan kadar air merupakan proses pengurangan kadar air dari pulp yang masih berbentuk bubur dilakukan dengan cara memasukkan pulp di atas wire.
  • Tahap pengeringan akhir dimana lembaran pulp bergerak diantara blow box,udara dihembuskan ke dalam blow box pada bagian atas dan bawah.fungsi dari blow box adalah untuk menjaga pulp agar tetap mengambang dipermukaan blow.
  1. Tahap Sizing,Colouring dan Pembentukan
  • Tahap ini dilakukan untuk menghasilkan spesifikasi kertas yang diinginkan.
  • Sizing dilakukan untuk meningkatkan tingkat kehalusan kertas dengan proses pengepresan pada alat calender stack yang terdiri dari beberapa pasangan silinder pada jarak tertentu.
  • Proses colouring dilakukan dengan cara penambahan pigmen,pewarna dan bahan pengisi.

 

  1. Pope Reel
  • Tahap ini merupakan tahap terakhir dari pembuatan kertas yaitu memotongan kertas dari gulungannya.
  • Kertas dalam gulungan yang besar dibelah sesuai ketebalan dan dipotong menjadi lembaran lalu siap untuk dibungkus.

      Proses pembuatan kertas dari limbah kulit kopi dapan dijadikan alternatif dan juga sebagai langkah efektif dan menguntungkan dalam mengatasi masalah limbah yang menjadi masalah utama bagi produsen-produsen kopi. Pemanfaatan limbah kulit kopi dalam pembuatan kertas memberikan keuntungan dalam segi lingkungan dan ekonomi,dimana selain mengurangi limbah juga dapan menambah penghasilan yang semula hanya berasal dari produk kopi bertambah dengan pengolahan limbah kulit kopi sebagai bahan pembuatan kertas.

Profil Penulis
defri hasock
Author: defri hasock
Mengenai Penulis