uangA. Sejarah

Sejarah Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI bermula pada tanggal 13 April 2002, pada acara Dialog Segitiga Mahasiwa-Dosen-Alumni dalam rangkain acara purna tugas Bapak Ir. H Muchjin Akip, atas ide Pak Muchjin dicetuskan pembentukan Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI yang bertujuan untuk pengembangan dan kemajuan Teknik Kimia UNSRI.

Sebagai dana awal sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) diambil dari sisa dana acara purna tugas Pak Muchjin dan pada waktu itu langsung mendapat tambahan Rp 500.000,- dari kak Sahilmi (PT TEL). Disepakati pengelolaan dana tersebut akan diserahkan pada tim yang diketuai langsung oleh Pak Muchjin dengan anggota Ibu Ratna Djuwita, Ibu Farida Ali dan Ibu Susila Arita.

 Kesepakatan tersebut ditindaklanjuti dengan pembukaan rekening di Bank Mandiri atas nama Muchjin Akip, Ir qq IATEK. Setelah Pak Mucjhin meninggal pada tanggal 12 Mei 2002, rekening tersebut dicairkan oleh jurusan bersama ahli waris beliau dan dialihnamakan sebagai berikut :

Bank Mandiri Cabang Palembang A Rivai

No Rek : 113-0002244618

Atas nama : FARIDA A AND SUSILA A QQ IATEK

Dengan perubahan ini rekening Dana Abadi atas nama Pak Muchjin dinyatakan tidak berlaku lagi.

 

B. Metode Pengumpulan Dana

Atas saran beberapa pihak untuk kelangsungan Dana Abadi tersebut, Jurusan bekerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Palembang A.Rivai membuat Formulir Standing Instruction. (Formulir Instruksi Tetap Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI)

Bila alumni Teknik Kimia UNSRI mengisi formulir ini, Bank Mandiri setiap bulan akan secara otomatis mendebet sejumlah tertentu dana yang disepakati dari rekening Bank mandiri alumni tersebut ke rekening Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI.

Formulir Dana Abadi tersebut dapat dilihat pada Artikel : Formulir Dana Abadi atau di Download Pada menu File, kategori Jurusan Teknik kimia UNSRI , atau Klik :

INSTRUKSI TETAP DANA ABADI TEKIM UNSRI.doc
Popular 32.5 KB
25/07/2015 10:17:06

(setelah login)

Isi Formulir tersebut (tidak perlu dalam jumlah besar, cukup misalnya Rp 20.000,- saja perbulan),

Kemudian luangkan waktu sebentar untuk datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat, serahkan formulir tersebut kepada Customer Service Bank Mandiri untuk di validasi.

Contoh Formulir Dana Abadi yang telah di validasi Bank, seperti gambar dibawah ini :

 validasi rev

Dengan demikian, setiap bulan secara otomatis akan di debit sejumlah tertentu Dana yang diisikan dalam formulir tersebut, dari rekening anda ke rekening Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI (akan ada biaya administrasi sebesar Rp 3.000,- per bulan, jadi jika menyumbang Rp 20.000 total Dana yang akan dipotong adalah Rp. 23.000,- per bulan)

Sistem seperti ini telah dipakai oleh beberapa organisasi lainnya, dan terbukti merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengumpulkan dana atau iuran anggota dari suatu organisasi yang anggotanya tersebar di beberapa wilayah.

 

C. Pelaporan

Untuk Transparansi dan Akuntabilitas, Posisi Saldo dan History Transaksi Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI ini, akan dilaporkan setiap bulan melalui Website IATEK UNSRI ini.

Laporan Bulanan Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI ini dibuat dalam bentuk artikel berjudulDetail Laporan Bulanan Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI Bulan ...

Karena Laporan ini sifatnya internal Keluarga Besar Teknik Kimia UNSRI, artikel Laporan Bulanan ini disetting hanya bisa dilihat member setelah login

Sebagai contoh, bentuk detail Laporan Bulanan Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI bulan Juli 2011 adalah seperti gambar dibawah ini :

 

Dalam contoh gambar diatas, Transfer Otomatis dari rekening Donatur tersebut dapat dilihat pada item :

Transfer Otomatis

DARI 129000456XXXX  Ke 1130002244618 Kredit 20.000,00

 

form dana abadiInformasikan No Rekening, Nama dan Angkatan Anda melalui Form Donatur Dana Abadi di  Website IATEK UNSRI ini, Nama Penyumbang dan Angkatan akan ditambahkan dalam Detail Laporan Bulanan Dana Abadi ini . (Kecualii jika yang bersangkutan tidak mengkehendaki )

 

 

Tampilan Form Donatur Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI (dapat dilihat stelah login) akan seperti pada gambar dibawah ini :

form donatur dana abadi

Note : Setiap saat, jika dalam keadaan tertentu (misalnya pensiun atau sakit), Formulir tersebut bisa dicabut kembali..

 

D. Potensi

Potensi Dana yang terkumpul cukup besar, Alumni Teknik Kimia UNSRI saat ini berjumlah lebih dari 2.500 orang, dan akan terus bertambah,

jika 20 % nya saja (500 Orang) bersedia menyumbang Dana Abadi dengan cara seperti ini, maka akan terkumpul Dana :

Rp 20.000 x 500 = Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta Per Bulan) atau Rp 120.000.000 (Seratus Dua Puluh Juta Per Tahun)

 

E. Manfaat

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari Dana tersebut, setengahnya dapat tetap disimpan agar nominal nya terus bertambah, sehingga sesuai namanya, suatu saat nilai bunganya akan cukup bermakna untuk dimanfaatkan , setengahnya lagi (atau persentase yang disepakati) dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan Jurusan, IATEK dan IMATEK.

 

F. Pengelolaan

Hal hal detail mengenai Pemanfaatan Dana , Dewan Pengelola dan sejenis nya merupakan subjek untuk didiskusikan dan sebaiknya diputuskan dalam pertemuan Dosen-Alumni-Mahasiswa pada Reuni Akbar atau Mubes IATEK suatu saat nanti, akan tetapi saat ini yang perlu dilakukan adalah menggalang pengumpulan Dana tersebut.

 

Mari berkontribusi nyata pada Almamater tercinta..

Kalau Bukan Kita Siapa Lagi?, Kalau Tidak Sekarang, Kapan Lagi?


0
0
0
s2smodern

You don`t have permission to comment here!
  • Slider 1
    Alumni / Dosen /
    Mahasiswa
  • Slider 2
    Belum bergabung?
    kilk disini untuk daftar
  • Slider 3
    udah jadi member?
    Update Data Yuk..

Siapo Yang Online?

We have 38 guests and no members online

Artikel Baru

Artikel Terkait

Jadi Member Yuk

Alumni, Dosen dan Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI, Mari Bergabung dengan Web iatekunsri :

DAFTAR

Setelah join anda dapat posting artikel, tulis komentar, diskusi di forum , akses data alumni dll

Jejaring Sosial IATEK

Website IATEK UNSRI ada di Jejaring Sosial, ikuti kami untuk selalu mendapatkan informasi terbaru